0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Rahasia Lindungi Kulit: Menghitung SPF pada Sunscreen dengan Tepat

Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang paling penting, terutama ketika kita beraktivitas di bawah sinar matahari. Salah satu informasi yang sering kita temui pada label sunscreen adalah SPF, singkatan dari Sun Protection Factor. Namun, apakah Anda benar-benar tahu apa itu SPF dan bagaimana cara menghitungnya? Artikel ini akan membantu Anda memahami dengan lebih baik apa yang sebenarnya diukur oleh SPF, bagaimana menggunakannya dengan efektif, dan menjawab pertanyaan seputar penggunaan sunscreen.

Follow Channel Youtube dokter kita https://www.youtube.com/@dokterkitaikha
  1. Berapa SPF sunscreen yang baik?
    SPF adalah angka yang mengukur seberapa baik sunscreen melindungi kulit Anda dari sinar matahari berbahaya. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih SPF yang tepat adalah tipe kulit, lama paparan sinar matahari, dan kondisi cuaca. Secara umum, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. SPF 30 dapat memberikan perlindungan yang baik bagi sebagian besar orang, tetapi jika Anda memiliki kulit sangat terang atau rentan terhadap kulit terbakar, Anda mungkin ingin memilih sunscreen dengan SPF lebih tinggi, seperti SPF 50.
  2. Apa arti SPF 30 dan 50?
    Angka SPF pada sunscreen menunjukkan seberapa baik produk tersebut melindungi kulit Anda dari sinar UVB (Ultraviolet B) yang dapat menyebabkan kulit terbakar. SPF 30 berarti bahwa sunscreen tersebut dapat melindungi kulit Anda hingga 30 kali lebih lama dari pada saat tidak menggunakan sunscreen. SPF 50, di sisi lain, memberikan perlindungan lebih tinggi, hingga 50 kali lebih lama.
  3. Apa perbedaan sunscreen SPF 30 dan 45?
    Perbedaan antara sunscreen SPF 30 dan 45 sebenarnya tidak terlalu signifikan. Kedua produk ini memberikan perlindungan yang sangat mirip, dengan perbedaan hanya sekitar 1-2% dalam filtrasi sinar UVB. Pilihan antara SPF 30 dan 45 lebih bergantung pada preferensi pribadi dan seberapa rentan kulit Anda terhadap sinar matahari. Yang terpenting adalah penggunaan sunscreen secara konsisten.
  4. Berapa lama sunscreen SPF 30 bertahan?
    Sunscreen SPF 30, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dapat memberikan perlindungan kulit hingga 30 kali lebih lama dari pada saat tidak menggunakan sunscreen. Namun, faktor lain yang memengaruhi berapa lama sunscreen bertahan adalah aktivitas Anda, keringat, dan terpapar air. Oleh karena itu, disarankan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat secara intensif.
  5. SPF 50 PA +++ untuk kulit apa?
    Tanda “PA” adalah sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur perlindungan sunscreen terhadap sinar UVA (Ultraviolet A), yang dapat menyebabkan penuaan kulit dan bahkan kanker kulit. Tanda “+” menunjukkan tingkat perlindungan yang semakin tinggi. SPF 50 PA +++ sangat cocok untuk kulit yang sangat sensitif atau terpapar sinar matahari intensif, seperti saat berlibur di pantai atau beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.
  6. Sunscreen SPF 35 untuk umur berapa?
    Sunscreen SPF 35 sesuai digunakan oleh orang-orang dari berbagai rentang usia. Perlindungan dari sinar matahari sangat penting untuk semua orang, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Namun, perlu diingat bahwa kulit bayi sangat sensitif, sehingga sunscreen yang digunakan untuk bayi harus diformulasikan khusus untuk mereka. Selalu periksa label produk untuk memastikan bahwa sunscreen sesuai dengan umur dan jenis kulit Anda.
  7. Apa salah satu penyakit yang disebabkan oleh polusi?
    Meskipun pertanyaan ini tidak secara langsung terkait dengan topik sunscreen, penting untuk menyadari bahwa paparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis, serta masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini.

Kesimpulan
Menggunakan sunscreen dengan benar dan memahami apa yang diukur oleh SPF dapat membantu melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar matahari. Pilih SPF yang sesuai dengan tipe kulit dan aktivitas Anda, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen secara teratur, terutama ketika berada di bawah sinar matahari yang kuat. Dengan perawatan yang tepat, kulit Anda dapat tetap sehat dan terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Follow Channel Youtube dokter kita https://www.youtube.com/@dokterkitaikha

Follow me :
https://www.instagram.com/libonskincare/
https://www.instagram.com/ikhacahyayunita
https://www.instagram.com/griya_ayoe_
https://www.youtube.com/@dokterkitaikha

Toko Resmi Libon Skincare :
https://libon.co.id/shop/
https://shopee.co.id/libonskincareid
https://wa.me/c/6281932833939
https://wa.me/c/6285174198238

Lanjut chat
Customer Care
Halo Dengan Mayang Di sini, apa yang dapat kami bantu?