0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Apakah Sunscreen Boleh Digunakan di Malam Hari? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Penggunaan sunscreen telah menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kulit bagi banyak orang. Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) matahari. Namun, ada pertanyaan yang sering muncul: apakah sunscreen boleh digunakan di malam hari? Untuk menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami fungsi dan manfaat sunscreen serta kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Fungsi Sunscreen

Sunscreen dirancang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, yang terdiri dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dapat menembus jauh ke dalam kulit dan berkontribusi pada penuaan dini dan keriput, sementara sinar UVB menyebabkan kulit terbakar dan berperan dalam perkembangan kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen dengan spektrum luas sangat disarankan untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap kedua jenis sinar UV ini.

Apakah Sunscreen Perlu Digunakan di Malam Hari?

Menggunakan sunscreen di malam hari umumnya tidak diperlukan karena sinar UV tidak ada di malam hari. Sunscreen mengandung bahan aktif yang bekerja untuk menyerap atau memantulkan sinar UV, sehingga penggunaan di malam hari tidak memberikan manfaat perlindungan. Selain itu, menggunakan sunscreen di malam hari bisa membuat kulit terasa berat dan berminyak, mengingat sunscreen biasanya memiliki tekstur yang lebih tebal.

Alternatif Perawatan Kulit Malam Hari

Alih-alih menggunakan sunscreen, fokuslah pada perawatan kulit yang mendukung regenerasi kulit di malam hari. Produk seperti pelembap, serum, dan krim malam yang mengandung bahan aktif seperti retinol, asam alfa hidroksi (AHA), dan antioksidan dapat membantu memperbaiki dan meremajakan kulit selama tidur. Retinol dan AHA, misalnya, adalah bahan yang efektif untuk mempercepat pergantian sel kulit dan meningkatkan tekstur kulit. Namun, penggunaan bahan ini di malam hari dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari pada keesokan harinya, sehingga penting untuk menggunakan sunscreen di pagi hari.

Mengapa Sunscreen Penting untuk Pagi Hari?

Pada pagi hari, kulit membutuhkan perlindungan dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit dan mempercepat penuaan. Penggunaan sunscreen secara rutin setiap pagi, bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit jangka panjang. Pastikan untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan spektrum luas untuk perlindungan yang optimal.

Kesimpulan

Penggunaan sunscreen di malam hari tidak diperlukan karena tidak ada paparan sinar UV di malam hari. Sebaliknya, fokuslah pada rutinitas perawatan kulit yang membantu regenerasi dan perbaikan kulit saat tidur. Sunscreen adalah produk yang sangat penting untuk digunakan setiap pagi guna melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dengan memahami kapan dan bagaimana menggunakan sunscreen dengan benar, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

follow channel youtube @dokterkitaikha

Artikel terkait : penggunaan sunscreen,sunscreen malam hari,perlindungan kulit,sinar UV,perawatan kulit malam,retinol,AHA,manfaat sunscreen,SPF,regenerasi kulit

Follow me :
https://www.instagram.com/libonskincare/
https://www.instagram.com/ikhacahyayunita
https://www.instagram.com/griya_ayoe_
https://www.youtube.com/@dokterkitaikha
https://dokter-gigi-klinik-kecantikan-griya-ayoe-by-libon.business.site/

Toko Resmi Libon Skincare :
https://libon.co.id/shop/
https://shopee.co.id/libonskincareid
https://wa.me/c/6281932833939
https://wa.me/c/6285174198238

Leave a response

Lanjut chat
Customer Care
Halo Dengan Mayang Di sini, apa yang dapat kami bantu?