0 items in your shopping cart

No products in the cart.

5 Jebakan Manis yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes Saat Buka Puasa

Puasa di bulan Ramadhan memang penuh berkah dan momen spesial. Tapi, buat para pejuang diabetes, momen buka puasa bisa jadi penuh dilema. Di satu sisi, lapar dan haus melanda, di sisi lain, pilihan makanan yang menggoda bisa bikin gula darah naik drastis.

Eits, jangan panik dulu!

Mimin bakal kasih tau 5 jebakan manis yang WAJIB DIHINDARI saat buka puasa agar gula darahmu tetap stabil dan ibadahmu makin khusyuk.

  1. Gorengan:

Siapa yang gak tergoda sama gorengan? Renyah, gurih, dan murah. Tapi, gorengan mengandung karbohidrat sederhana dan lemak jenuh yang tinggi. Kombinasi ini bisa bikin gula darahmu naik kayak roket!

  1. Kurma Lebih dari 3 Butir:

Kurma memang makanan sunnah yang dianjurkan saat buka puasa. Tapi, ingat, kurma mengandung gula alami yang cukup tinggi. Konsumsi lebih dari 3 butir kurma dalam sekali waktu bisa bikin gula darahmu melonjak.

  1. Minuman Manis:

Es cendol, es teh manis, boba… duh, menggoda banget! Tapi, minuman manis ini mengandung gula tambahan yang SANGAT BERBAHAYA untuk penderita diabetes. Pilihlah air putih, teh tawar, atau infused water sebagai alternatif yang lebih sehat.

  1. Makanan Bersantan:

Gulai, opor, rendang… hidangan bersantan memang lezat dan identik dengan Ramadhan. Tapi, santan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi berlebihan bisa meningkatkan kolesterol dan memperburuk kondisi diabetes.

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat Sederhana:

Nasi putih, roti putih, mie instan… makanan-makanan ini memang mengenyangkan. Tapi, karbohidrat sederhana ini diubah menjadi gula darah dengan cepat. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, atau ubi jalar sebagai gantinya.

Terus, apa dong yang boleh dimakan saat buka puasa?

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Tenang, masih banyak pilihan makanan sehat dan lezat yang aman untuk penderita diabetes. Berikut beberapa rekomendasinya:

  1. Buah-buahan segar:

Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, dan semangka kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah buah dengan indeks glikemik rendah seperti apel, pir, dan jeruk.

  1. Sayuran hijau:

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung kaya akan serat yang membantu memperlambat penyerapan gula darah.

  1. Protein tanpa lemak:

Daging ayam tanpa kulit, ikan, dan tempe adalah sumber protein yang baik untuk membantu membangun dan memelihara massa otot.

  1. Kacang-kacangan:

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang merah, dan kacang hijau kaya akan serat dan protein yang membantu menjaga gula darah tetap stabil.

  1. Yogurt rendah lemak:

Yogurt rendah lemak adalah sumber protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Pilihlah yogurt tanpa gula tambahan.

Tips Menjaga Gula Darah Saat Puasa

Tips tambahan:

  • Makan dengan porsi kecil tapi sering.
  • Kunyah makanan dengan perlahan.
  • Hindari makan makanan yang terlalu manis, gurih, atau berlemak.
  • Olahraga secara teratur.
  • Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan menu buka puasa yang sesuai dengan kondisi diabetesmu.
  • Ingat, kunci utama bagi penderita diabetes adalah menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Dengan disiplin dan konsisten, kamu tetap bisa menikmati momen Ramadhan dengan penuh kebahagiaan dan kesehatan.

Yuk, jaga kesehatanmu dan rasakan manfaatnya

Artikel terkait : Diabetes,Buka Puasa,Makanan Sehat,Gula Darah,Tips,Ramadhan,Penderita Diabetes,Menu Buka Puasa,Diet Diabetes,Pengaturan Makan,Gizi Seimbang,Kontrol Gula Darah,Kesehatan,Puasa Sehat,Ramadhan Sehat,Resep Buka Puasa,Makanan Aman Diabetes,Hindari Saat Diabetes,Hidup Sehat,Gaya Hidup Sehat, jebakan manis,gorengan,karbohidrat sederhana,lemak jenuh,

follow channel youtube @dokterkitaikha

Follow me :
https://www.instagram.com/libonskincare/
https://www.instagram.com/ikhacahyayunita
https://www.instagram.com/griya_ayoe_
https://www.youtube.com/@dokterkitaikha
https://dokter-gigi-klinik-kecantikan-griya-ayoe-by-libon.business.site/

Toko Resmi Libon Skincare :
https://libon.co.id/shop/
https://shopee.co.id/libonskincareid
https://wa.me/c/6281932833939
https://wa.me/c/6285174198238

Leave a response

Lanjut chat
Customer Care
Halo Dengan Mayang Di sini, apa yang dapat kami bantu?