0 items in your shopping cart

No products in the cart.

5 Adab Minum Air Putih dalam Islam: Hidup Sehat dengan Sunnah

Dalam agama Islam, ajaran dan Sunnah (tindakan dan ucapan Rasulullah Muhammad SAW) menjadi panduan bagi umat Muslim dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal sehari-hari seperti minum air. Minum air adalah tindakan sederhana, tetapi Islam mengajarkan beberapa adab yang berkaitan dengan tindakan ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima adab minum air putih dalam Islam dan mengungkapkan makna mendalam di baliknya.

Sunnah dalam Minum Air

Sebelum kita memahami adab-adab minum air dalam Islam, penting untuk memahami makna Sunnah. Sunnah merujuk pada ajaran dan contoh-contoh yang ditinggalkan oleh Rasulullah Muhammad SAW selama hidupnya. Sunnah menjadi pedoman spiritual dan etika bagi umat Islam. Dalam hal minum air, Rasulullah memberikan teladan dan petunjuk yang harus diikuti oleh setiap Muslim. Dengan mengikuti Sunnah, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita.

Adab Minum Air dalam Islam

1. Berkah dalam Minum dengan Tangan Kanan

Salah satu adab yang diajarkan oleh Rasulullah adalah minum air dengan tangan kanan. Ada beberapa hadis yang merinci pentingnya tindakan ini. Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda, “Jangan minum dengan tangan kiri karena syaitan minum dengan tangan kiri.” Ini menunjukkan bahwa minum dengan tangan kanan adalah Sunnah yang harus diikuti oleh umat Islam.

Ada juga alasan ilmiah yang mendukung adab minum dengan tangan kanan. Minum dengan tangan kanan memungkinkan koordinasi antara otak kanan dan tangan kanan, yang dapat meningkatkan kenikmatan dan pencernaan makanan. Ini juga mencerminkan rasa ketaatan terhadap ajaran Rasulullah dan memperkuat kesadaran spiritual.

Contoh: Ketika Anda minum air, selalu gunakan tangan kanan. Ini adalah cara sederhana untuk mengikuti Sunnah dalam kehidupan sehari-hari.

2.Minum dalam Tiga Tegukan

Rasulullah juga mengajarkan agar kita minum air dalam tiga seri hirupan atau tegukan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Jangan minum satu teguk, tapi minumlah dalam tiga hirupan. Kemudian jika Anda puas, berhentilah minum.”

Ini adalah contoh lain dari bagaimana adab minum air dalam Islam memberikan manfaat kesehatan. Minum dalam tiga seri hirupan memberikan waktu bagi air untuk diserap oleh tubuh dengan baik. Hal ini juga menghindari minum secara berlebihan yang dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan kembung.

Contoh: Saat Anda minum, coba bagi air menjadi tiga hirupan, seperti yang diajarkan oleh Rasulullah.

3.Berdoa Sebelum dan Sesudah Minum

Sebelum memulai minum air, Islam mengajarkan kita untuk berdoa.
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

Allahumma barik lana fiyma rozaq tana waqina ‘adzaban naari, bismillah

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah.

Dan setelah minum dianjurkan baca doa berikut sebagaimana dapat ditemukan pada kitab Maslakul Akhyar, Sayid Utsman bin Yahya. Berikut doanya:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا أُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini tawar lagi bening dengan sebab rahmat-Nya, dan tidak menjadikan air ini asin pahit lagi keruh dengan sebab dosa kami.

Doa ini adalah ungkapan syukur kepada Allah SWT yang memberi kita air untuk minum dan makanan untuk makan. Ini juga mencerminkan pentingnya mengakui nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh: Sebelum minum air, bacalah doa tersebut sebagai ungkapan syukur kepada Allah.

4.Minum dalam Posisi Duduk

Adab lain yang diajarkan oleh Rasulullah adalah minum air dalam posisi duduk. Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah bersabda, “Jangan minum sambil berdiri, tapi minumlah dalam posisi duduk.”

Minum dalam posisi duduk bukan hanya adab, tetapi juga baik untuk kesehatan kita. Minum sambil berdiri dapat menyebabkan tekanan pada sistem pencernaan dan ginjal. Minum dalam posisi duduk memastikan bahwa air mencapai lambung dengan baik dan diserap secara efisien.

Contoh: Ketika Anda minum air, cobalah untuk duduk atau setidaknya berjongkok jika tidak memungkinkan untuk duduk.

5.Menjaga Kualitas Air yang Dikonsumsi

Dalam Islam, menjaga kualitas air yang kita konsumsi adalah suatu keharusan. Rasulullah memperingatkan umatnya untuk tidak mengabaikan kebersihan dan kualitas air. Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyatakan bahwa air yang keruh, berbau, atau tercemar tidak boleh digunakan untuk minum. Ini adalah tindakan pencegahan terhadap penyakit dan menjaga kesehatan umat Muslim.

Contoh: Pastikan bahwa air yang Anda minum adalah bersih dan aman. Gunakan sumber air yang terpercaya dan pastikan untuk membersihkan tempat penyimpanan air secara berkala.

Adab minum air dalam Islam adalah bagian dari tuntunan agama yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik dan spiritual umat Muslim. Mengikuti Sunnah dalam hal minum air adalah cara sederhana untuk mendapatkan berkah dalam tindakan sehari-hari. Dengan minum dengan tangan kanan, dalam tiga seri hirupan, berdoa sebelum dan sesudah minum, minum dalam posisi duduk, dan menjaga kualitas air, kita dapat hidup lebih sehat dan lebih bermakna.

Mari kita menjalani Sunnah dalam minum air sebagai bentuk ibadah dan tindakan yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Bagikan artikel ini dengan teman-teman dan keluarga Anda agar lebih banyak orang dapat memahami adab-adab ini. Dengan menjalani Sunnah, kita dapat hidup sehat dan meraih berkah dalam setiap tindakan kita.

artikel terkait :Adab minum air dalam Islam,Hidup Sehat Dengan Sunnah,Minum air dalam tiga tegukan,Minum dengan tangan kanan Sunnah,Sunnah minum air dalam Islam,Doa sebelum minum air Islam,Minum dalam posisi duduk Islam,Rasulullah minum air contoh,Manfaat Sunnah minum air,Adab minum air dalam Sunnah,Pencernaan sehat dalam Islam,Manfaat minum air dalam Islam,Minum air dan kesehatan Islam,Hadis tentang minum air,Pentingnya minum air dalam Islam,Minum air dengan bijak dalam Islam

follow youtube channel dokter kita ikha

Follow me :
https://www.instagram.com/libonskincare/
https://www.instagram.com/ikhacahyayunita
https://www.instagram.com/griya_ayoe_
https://www.youtube.com/@dokterkitaikha
https://dokter-gigi-klinik-kecantikan-griya-ayoe-by-libon.business.site/

Toko Resmi Libon Skincare :
https://libon.co.id/shop/
https://shopee.co.id/libonskincareid
https://wa.me/c/6281932833939
https://wa.me/c/6285174198238

Lanjut chat
Customer Care
Halo Dengan Mayang Di sini, apa yang dapat kami bantu?